21 Warga Silahisabungan Jalani Isoman, Satgas Serahkan Bantuan

Dipublikasikan oleh Editor Covid-19 Pemkab Dairi pada

Silalahi: Hari ini Rabu (14/07/2021) Bupati Dairi yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi, Dr. Eddy Kelleng Ate Berutu menyerahkan bantuan bahan pangan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) melalui perwakilan keluarga bertempat di halaman Tugu Silahisabungan.

Dalam bimbingan dan arahannya Bupati menjelaskan bahwa Pemerintah dengan tegas menaruh perhatian kepada kegiatan sosial dan kerumunan warga, termasuk pesta-pesta adat, dan kegiatan sosial lainnya sehingga secara perlahan kita mampu mencegah penyebaran virus covid19.

“Kami paham memang tidak mudah memulai kebiasaan baru, tapi inilah faktanya.
Bagi yang terkonfirmasi positif, kita berharap kepada keluarga harus bersama-sama memberi edukasi dan semangat untuk memulihkan keadaan dengan tetap melakuan protokol kesehatan,” ujar Eddy.

Eddy Berutu menyebut pemberian bantuan ini adalah uapaya dan perhatian pemerintah terutama kepada 21 warga Silahisabungan yang menjalani isolasi mandiri dimana diantaranya terdapat 6 orang yang merupakan warga lanjut usia (lansia).

Kita kumpul disini untuk memberi dukungan kepada warga kita yang menjalani isoman akibat dampak Covid 19. Tapi, kata Eddy Berutu kehadiran pemerintah juga sekaligus juga ingin memastikan warga yang menjalani isoman tersebut betul-betul tidak keluar rumah.

“Pemerintah membantu memberikan bantuan selama warga menjalani isoman tersebut, tapi warga pun harus senantiasa mengikuti petunjuk arahan dan petunjuk dari pemerintah dengan tekun melaksanakan protokol kesehatan yakni 5M,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ketua Satgas juga menyempatkan diri berbincang dengan anggota keluarga lansia yang menjalani isoman untuk mengetahui bagaimana keadaan pasien dirumah selama isoman, sekaligus memastikan keluarga yang menjalani isolasi mandiri tetap dalam kontrol dan pengawasan.

“Ini pelajaran yang baik. Pemberian makanan pada pasien isoman sebaiknya ditaruh diluar didekat pintu, tidak usah masuk ke dalam kamar atau ruang isoman, kenapa? karena kita yang sehat pun perlu menjaga diri,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya Kadis Sosial Parulian Sihombing menyampaikan kegiatan ini merupakan kecamatan ke-8 yang dikunjungi oleh Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial. Tidak lupa kadis berpesan kepada warga agar tetap waspada terutama bagi anggota keluarga yang menjalai isoman dengan senantiasa memberikan semangat dan motivasi.

Turut hadir bersama, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda) yakni Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting, Dandim 0206 yang diwakili Kasdim, perwakilan Kajari, kepala dinas sosial Parulian Sihombing, camat dan kepala desa se- Silahisabungan, tenaga medis dari Puskesmas Silahisabungan dan anggota keluarga yang menjalani isoman. (***)

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *