Kasus Aktif Covid 19 di Dairi 544 Orang, Ini Sebarannya Per Kecamatan

Dipublikasikan oleh Dairi Lawan Covid19 pada

Sidikalang,
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dairi mencatat total kasus aktif Covid 19 di Dairi mencapai 544 orang, hingga Senin 28 Februari 2022.

Kasus aktif tersebut hampir tersebar di seluruh kecamatan. Kasus aktif paling banyak di 5 kecamatan diantaranya; Kecamatan Sidikalang, Sumbul, Sitinjo, Silima Pungga Pungga dan Parbuluan. Sementara yang nihil kasus aktif Covid 19 di Siempat Nempu Hilir.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aryanto Tinambunan merincikan kasus aktif covid-19 yang paling tinggi adalah di Kecamatan Sidikalang. Kemudian disusul Sumbul dan Sitinjo.

Berikut persebarannya menurut Aryanto:
Berampu terkonfirmasi 2 orang,
Gunung Sitember, 8 orang
Lae Parira, 14 orang
Parbuluan, 24 orang
Pegagan Hilir, 22 orang
Sidikalang, 244 orang
Siempat Nempu, 14 orang,
Siempat Nempu Hilir, 0
Siempat Nempu Hulu, 19 orang
Silahisabungan, 10 orang
Silima Pungga Pungga, 47 orang
Sitinjo, 44 orang
Sumbul, 77 orang
Tanah Pinem, 10 orang
Tigalingga, 9 orang.

Aryanto mengatakan untuk saat ini ketersediaan kamar tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) sebesar 35,18 persen. Indikator ini memberikan gambaran tinggi rendahnya tingkat pemanfaatan tempat tidur rumah sakit.

Aryanto menambahkan, saat ini Dairi masuk ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3.

“Hari ini kita (Dairi) masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3. Status ini disebabkan jumlah positif Covid 19 di Dairi tinggi,” katanya.

Aryanto menjelaskan, instruksi Bupati Dairi Eddy Berutu vaksinasi 5 kecamatan terbanyak kasus aktif Covid-19 harus menyelesaikan vaksin 100 persen dalam 2 minggu ini.

Kemudian komorbid atau orang memiliki penyakit penyerta yang tidak bisa divaksin jangan banyak beraktifitas di luar seperti ke wisata dan pusat keramaian.

“Bupati juga meminta masyarakat tetap disiplin prokes. Kemudian Bupati juga meminta Dinas Kesehatan, TNI – Polri untuk terus menggencarkan operasi yustisi di tempat-tempat umum,” tukasnya.