Klarifikasi Terkait Pemberitaan Pasien an. PS

Dipublikasikan oleh admin pada

Sidikalang, 24 Juli 2020

Sehubungan dengan banyaknya berita yang simpang siur di media sosial tentang pasien an. PS 24 tahun alamat Huta Gugung Kec. Sumbul, perlu kami menyampaikan kronologis sebagai berikut :

  1. Bahwa pada hari Kamis tanggal 09 Juli 2020 Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan melalui tim Surveilans bahwa satu orang warga Dairi terkomfirmasi Covid-19, dan pada tanggal 09 Juli 2020 Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Dairi menerima surat resmi dari Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara dengan No. 443.33/8372.17/DINKES/VII/2020 yang menerangkan bahwa pasien an. Tn. PS 24 tahun alamat Huta Gugung Kec. Sumbul Positif SARS Cov-2 (Positif COVID-19).
  2. Berdasarkan surat resmi tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi kemudian melakukan tracing kepada keluarga dan orang yang telah melakukan kontak erat dengan Tn. PS di Huta Gugung. Pada tanggal 09 Juli 2020 pukul 16.00 WIB melalui media informasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi menginformasikan adanya penambahan 1 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Dairi.

Dengan adanya berita yang menyatakan bahwa Tn. PS bukan penderita COVID-19 adalah TIDAK TEPAT karena hasil pemeriksaan RT-PCR pertama menunjukkan hasil Positif.

Namun berkembang informasi di media sosial bahwa hasil RT-PCR kedua Tn. PS menunjukkan hasil negatif. Terhadap informasi hasil pemeriksaan yang berkembang tersebut, Tim Surveilance Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi sedang berkoordinasi dengan Tim Surveilance Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara untuk memperoleh pemberitahuan secara resmi.

Kita bersyukur bahwa saat pemeriksaan RT-PCR lanjutan Tn. PS menunjukkan hasil negatif. Seiring meningkatnya daya tahan tubuh pasien sehingga pada saat dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua didapatkan hasil negatif hal ini menunjukkan kesembuhan pada penderita COVID-19.

Demikian kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Dairi terkhusus warga desa Hutagugung Kecamatan Sumbul agar tidak panik dan resah, dan kami memohon kepada seluruh warga Dairi dalam menyampaikan informasi melalui media sosial terlebih dahulu mencari informasi yang tepat dan benar. Kami juga mengingatkan agar seluruh masyarakat Dairi mematuhi semua Protokol Kesehatan.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Dairi

-Dr. Edison Damanik-